Lawan Propaganda Kemungkaran

18 Feb

Propaganda pertama adalah membuat anak-anak kita terbiasa dengan hubungan mesra laki-laki dan perempuan tanpa ikatan pernikahan,

Menjadikannya tontonan pagi-malam. Lewat sinetron, infotainment, dst

Berhasilkah? kita lihat saja, ketika memilih tidak pacaran adalah hal tabu, asing dan aneh.

Gonta ganti pacar adalah kekinian..

Maka kampanye ‘Jomblo Sampai Halal’ Adalah bentuk kita menunaikan kewajiban ‘mencegah manusia melakukan keburukan, dan menyuruh melakukan kebaikan..’

Propaganda level dua, barangkali lebih mengerikan lagi. Anak-anak akan terbiasa melihat kemesraan sejenis. Sesama laki-laki dan sesama perempuan?

Menjadikannya tontonan sehari-hari, di infotainment, sinetron dsb..

Dan yang memilih normal dianggap tabu dan aneh.

Seram bukan? Baca lebih lanjut

“Muslim tapi ngga pengen naik Haji?”

27 Agu
QS Ali 'Imran 97

QS Ali ‘Imran 97

Hukum wajibnya seorang Muslim berhaji sudah jelas. Sumbernya dari mana?

ya, karena kita Muslim, maka sumber nya Al Quran. “..mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengerjakan perjalanan ke Baitullah..”

Bagi yang sanggup. Artinya, bagi yang belum sanggup maka ikhtiar dan doa terus dilakukan agar disanggupkan oleh Allah.

Allah mewajibkan, maka kita berusaha bisa melaksanakannya. “Kalau ada seorang Muslim tapi ngga pengen haji gimana?”

Nah, yang jelas Allah Maha mengetahui apa yang kita lahirkan dan apa yang kita sembunyikan.

Baca lebih lanjut

Idul Fitri di Jeddah, Saudi Arabia

29 Jul

Masih syawal, belum begitu terlambat untuk menulis tentang Idul Fitri disini. Hehe

Alhamdulillah, Ramadhan tahun ini masih Allah beri kesempatan untuk melewatinya. Karena jatuh di bulan Juni-Juli, maka perlahan Ramadhan di Saudi akan semakin turun suhunya, karena semakin menjauhi musim panas.

Beda ketika 4 tahun lalu, saat masih berada di ujung musim panas. Suhu terendah 30an derajat, tahun ini suhu terendah 26 an derajat. Cukup bersahabat. Alhamdulillah ‘ala kulli hal.

Namun, ini pun berarti, Haji akan semakin beranjak mendekati musim panas, masya Allah. Semoga Allah mudahkan yang akan segera berhaji, dan semoga (pastinya) pemerintah Saudi sangat memperhatikan ini juga. aamiin..

Lebaran tahun ini adalah lebaran ke tiga saya rasakan sejak tinggal di Saudi, karena 2012 saya menjalaninya di Indonesia.

Beda? hmmm,, Idul Fitri di manapun sama.

Eid (disini kami menyebutnya), Idul Fitri, di Indonesia kita menyebutnya dimanapun sama. Di belahan dunia manapun.

Pada pagi harinya kita akan mendengar takbir, tahmid bersautan, orang berduyun-duyun menuju ke lapangan atau tempat terbuka, orang akan bersama-sama dalam satu ‘pemimpin/imam’ melakukan gerakan sholat yang sama, menghadap arah yang sama, bacaan yang sama, setelah itu dilanjutkan khotbah yang meski dengan bahasa berbeda-beda, tapi dengan isi yang sama. Mengajak kita pada ketundukan, keistiqomahan. Baca lebih lanjut

Musibah Menurut Islam ; Ujian atau Hukuman dari Allah?

8 Jun

Ada yang bertanya, bagaimana membedakan musibah itu ujian, atau hukuman dari Allah untuk kita? Saat kita mengalami sesuatu yang sulit, apa yg sebaiknya kita lakukan? introspeksi atau bersabar dan berharap ujian itu menaikkan level kita?

Sungguh, keduanya benar. Hanya penerapannya yg berbeda. Misal, saat kita mengemudi dan ugal-ugalan. Senggol sana sini, mengebut, mengabaikan rambu-rambu lalu kita menabrak.

Layakkah kita mengatakan bahwa itu adalah ujian dari Allah untuk menaikkan level kita? Baca lebih lanjut

Jejak-jejak Kelam di Dunia Maya

5 Mei Kira-kira mau lanjut ke ta'aruf ngga kalo nemunya ginian?

Bismillahirrahmanirrahim..

Saya baru saja mencoba menjodohkan teman.. tapi belum berhasil. ada pelajaran yang bisa diambil..

Buat para jomblo, nih. Sebelum minta tolong dicarikan pasangan, pastikan bahwa tidak memiliki ‘jejak kelam’ yang masih tertinggal di dunia maya.

Karena penyelidikan via akhi ‘gugel’ ini sudah lazim dilakukan.

Bukan soal ‘penyelidikan via gugel ini memenuhi syariat atau tidak’. Itu bukan kapasitas saya menjelaskan.

Tapi ya ini soal ‘niat ga cari jodoh yang baik?’

Kalau memang berniat cari yang sholihah/sholeh, terus akun twitter masih penuh “papah-mamah” an sama orang, gimana tuh?

Kalau berniat cari jodoh yang sholih/sholihah, terus dunia maya masih tersebar foto sama mantan dempet-dempetan rangkul-rangkulan..
Gimana tuh?

“Jangan lihat masa lalunya.. bisa aja dia udah tobat..”

Oke. Tapi tobatnya ya yang kaffah dong.

Pastikan ‘papah mamah’ sudah dihapus.

Lupa passwordnya?
Yah itulah mudharat pacaran. Baru kerasa sekarang?

Ngga kepikiran kan dulu pas ‘papah mamah’ an, kalau itu akan jadi ‘prasasti’ di dumay..
Dan menghalangi dapat jodoh yang baik?

Berproses via perantara memang tidak gampang.
Bagi yang menjadi perantara, maupun yang diproses..
Baca lebih lanjut

Last seen : Unknown..

30 Apr

image

Kadang kita lupa..

Di saku kita, di rumah kita, ada jawaban dari segala resah..

Ada penawar dari kerasnya hati. Ada petunjuk cinta dari yang sangat mencintai kita..

Tp selama ini kita dibuat lalai darinya.

Kita biarkan dia usang berdebu di sudut lemari.
Kita biarkan dia tertinggal di tumpukan buku yg tak tersentuh..

Kita hanya tau isinya soal wajib puasa di bulan Ramadhan, selebihnya apa lagi?

Ya, kita hapal beberapa. Tp tak tau maksud kandungannya..

Baca lebih lanjut

Syariat Islam Bikin Ribet??

30 Apr

Quran Surat Yunus 44 - Manusia menzalimi diri sendiri

Pertama,, Allah membuat aturan menjaga pandangan bagi laki2 dan menutup aurat bagi perempuan. Dan keduanya wajib menjaga hijab dalam pergaulan..

lalu, Allah melarang keras manusia mendekati zina. Mendekati saja dilarang.. apalagi melakukan?

lalu, jika melanggar, Allah memberi aturan hukuman bagi mereka yg telah melakukan perzinaan…

Allah jelaskan bahwa qishas (hukuman) yg ada adalah untuk menjamin kelangsungan hidup manusia..

Jadi kira2 begitu tahapannya..

Untuk apa Allah buat aturan beruntun seperti itu? Utk membuat manusia sengsara? Susah? Ribet?

Baca lebih lanjut

%d blogger menyukai ini: