Pendewasaan Berpolitik terhadap Gerakan Mahasiswa

4 Jul

<!–[if gte mso 9]> Normal 0 false false false MicrosoftInternetExplorer4 <![endif]–><!–[if gte mso 9]> <![endif]–>

Beberapa hari ini media santer mengupas tentang aksi mahasiswa yang ‘beberapa kali’ (bukan sering) berakhir rusuh. Tema ini menghiasi opini di media massa, media elektronik, dan juga asyik dijadikan tema debat maupun diskusi di tayangan televisi. Padahal sebelumnya bukan tema aksi dan anarkisme yang dikupas, melainkan kebijakan SBY JK untuk menaikkan harga BBM, dan solusi lain selain menaikkan BBM yang sebelumnya menjadi hangat di beberapa media.

Hal ini menjadikan esensi dari aksi itu sendiri terkaburkan. Bukan lagi isunya atau tuntutannya, tapi bentuknya. Lebih parah lagi, opini mengarah pada mahasiswa identik dengan kekerasan, anarkis, dan reaktif. Ini yang sepantasnya harus segera diluruskan, sebelum masyarakat mulai kehilangan harapan untuk memperbaiki kondisi negara, yang biasanya salah satu tumpuan adalah mahasiswa.

Padahal yang selayaknya diketahui masyarakat, mahasiswa tidak hanya menjalankan fungsi-fungsi tadi tapi juga banyak hal yang dilakukan mahasiswa. Seperti misalkan Bakti Sosial, diskusi, minat bakat, pendidikan politik, dan masih banyak lagi. Potret yang terjadi pada aksi mahasiswa di Gedung DPR MPR sepekan yang lalu tersebut bukan menjadi sebuah generalisisr bagi keseluruhan gerakan mahasiswa. Sebab itu hanyalah sedikit dari sekian langkah yang telah ditempuh mahasiswa untuk mengakomodir kepentingan rakyat. Isu yang diusung pun sebenarnya bukan isu mahasiswa saja, tapi itu cerminan dari kondisi masyarakat keseluruhan. Terkhusus masyarakat menengah ke bawah, korban terparah dari kondisi ini.

 

5 Tanggapan to “Pendewasaan Berpolitik terhadap Gerakan Mahasiswa”

  1. agus cuprit Juli 5, 2008 pada 4:40 am #

    lakukan saja apa yang semestinya kalian lakukan. Kadang, sikap-sikap kritis kalian memang tidak sesuai dengan kaca pandang masyarakat. tapi…itulah kekuatan kalian. Jangan nilai setiap aksi turun ke jalan dengan hasil nyata bahwa akan ada perubahan kebijakan dari penguasa. Bukan itu semata yang kita tuju.

    Paling tidak, aksi-aksi turun ke jalan akan membuat setiap mata terbuka bahwa masih ada kata jujur yang terungkap. Dan paling tidak…itu menggelisahkan bagi penguasa. Kalian minimal telah berhasil membuatnya tak nyenyak tidur…

    ohya, semangat….

  2. soniazone Juli 5, 2008 pada 10:54 am #

    Oke…. it’s the real world…..!!!

  3. Donz Juan Juli 6, 2008 pada 1:20 am #

    Tulisanmu anatara judul dg contentnya kurang nyambung Son.
    Cb kamu baca posting saya di web BEM UNS. Saya sering katakan bahwa gerakan mahasiswa adalah gerakan moral sekaligus gerakn politik, dan hal tsb jangan dikotomi.
    Danke!

  4. sonia Juli 7, 2008 pada 4:59 am #

    ya di sambung-sambungin dong…

  5. donzjuan Juli 8, 2008 pada 3:01 pm #

    Yo terserah. Joko Sembung mangan dondong…………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: