Nyanyian Senja

1 Jun

“Seandainya masih ada Rasulullah di sini, tentu saya akan menangis sejadi jadinya di hadapan beliau. Tapi sekarang, itu hanya bisa kulakukan pada Allah..”

begitulah yang barangkali ada di benak saya saat itu. Suatu sore yang indah di sudut kampus. Meski begitu, benak saya sudah tidak lagi se sesak dulu, dan anehnya saya justru tersenyum. Senyum yang menggambarkan sebuah rasa dilematis yang teramat sangat. Perlakuan ‘tidak manusiawi’ yang saya terima dari orang yang harusnya bisa saya hormati saat itu membuat batin saya bergolak. Sekarang pada siapa saya bisa ‘segan’?

Tapi, kemudian saya berpikir kembali. Bukankah itu selama ini alasan saya bertahan di sini? Sebuah motivasi yang luar biasa saat melihat seseorang yang seharusnya bertindak benar di posisinya, tapi beliau tidak melakukannya. Motivasi yang besar untuk bisa lebih baik dari dia. Motivasi untuk mencari ilmu yang lebih, ‘kemampuan menempatkan diri’ yang lebih, dan rasa kemanusiaan yang lebih. Mungkin begitu.

Dan Senja itu, justru saya dihadapkan pada situasi yang benar-benar membuat bahagia. Dihadapkan pada sebuah ukhuwah yang tulus, dan menggetarkan. hingga akhirnya saya mengatakan, pada dunia, pada mereka, dan pada semuanya..bahwa saya bahagia. Ya Rabbi, untuk semuanya, saya bahagia……

6 Tanggapan to “Nyanyian Senja”

  1. arief adi Juni 2, 2009 pada 3:43 pm #

    wah…

  2. hanif Juni 6, 2009 pada 1:54 am #

    Assalamu’alaikum
    Kata sahabatku, semakin berharap engkau kepada manusia semakin harus siap engkau harus kecewa
    salam kenal

  3. aditya hendriawan Juni 8, 2009 pada 3:06 pm #

    satu tawaran
    saya menyerah dengan semua iini…………

  4. aditya hendriawan Juni 16, 2009 pada 1:56 am #

    hlo??? itu sapa yach yang pake namaku??? wah,,, sabotase publik ni. maap2 mbak…

  5. zackyzuro Juni 26, 2009 pada 3:17 pm #

    Semangat….pantang menyerah…ada aku disampingmu….he2

  6. Muhammad Ilham Abdillah November 30, 2011 pada 1:11 am #

    bukankah dunia wadah ketidakadilan ?

Tinggalkan Balasan

