Selamat ulang bulan ke lima, Haniya…

8 Mar

Alhamdulillah, putri kecilku tepat 5 bulan hari ini. Usia sekarang, menurut saya adalah masa-masa paling lucu. Sejak bayi lucu, sih, tapi setidaknya sekarang sudah sangat longgar untuk merawatnya. Sudah bisa mainan sendiri, bisa menonton TV, mengamati mainan musik yang diletakkan di atasnya, bisa tengkurap dan berguling-guling. Bagi ibu full time yang juga harus mengerjakan pekerjaan rumah yang lain, tentu ini sangat menyenangkan.

Masih ingat masa-masa menantang ketika Haniya baru lahir. Sama sekali tidak bisa ditinggal. Tidur pun saat siang tidak nyenyak, masih sangat sensitif terhadap suara. Dikit-dikit kaget. Hanya tidur nyenyak kalau dipangku. Setiap ditaruh, dalam kondisi bangun terus menerus memanggil-manggil bahkan menangis. Jujur saja, saya tidak tenang melihat bayi gelisah. Dan menurut saya, jika bayi dibiarkan saja saat gelisah, nantinya dia akan cengeng. Jadi sebisa mungkin saya usahakan Haniya tenang. Apalagi, bayi yang baru lahir masih terbawa ‘suasana’ saat masih dalam perut, hangat, seperti ditimang-timang.

Alhasil, karena kondisi tersebut, saya jadi memliki kemampuan ‘terpendam’. halah.:mrgreen: . Bagaimana tidak? memasak, menyapu, menjemur baju, beres-beres rumah, semua hanya dilakukan dengan tangan kanan. Tangan kiri tetap menggendong Haniya. Mungkin sedikit banyak, saya mulai mengamalkan wasiat Almh. Ustadzah Yoyoh Yusroh, “Tangan kirimu untuk menggoyang ayunan, dan tangan kanan untuk mengguncang dunia”. Alhamdulillah… hihi, maksa.

Lalu, bagaimana dengan aktivitas pribadi? hmm.. saya hanya butuh waktu setidaknya 5-15 menit saja, mencuri waktu saat Haniya tidur. Walaupun seringnya di tengah-tengah waktu tetap Haniya bangun, karena mendengar suara air. Seluruh aktifitas dari pagi, hingga suami pulang kerja saya kerjakan sambil menggendong Haniya. Dan ini berlangsung hingga hampir menginjak bulan ke dua. Sebab sejak itu, Haniya mulai nyenyak tidur siangnya, bisa bermain tangan sendiri, dan jauh lebih tenang.

Seru sekali masa-masa itu. Sibuk, tapi senang. Repot, tapi bahagia. Dari awal saya berpikiran, bahwa masa-masa itu pasti terlewati. Jadi tugas kita hanya bersabar dulu, merawat semaksimal mungkin yang kita bisa.

Dan subhanallah, di usia 5 bulan ini, Haniya benar-benar semakin menggemaskan. Tertawa, tengkurap, mengeluarkan suara yang terdengar seperti memanggil “Ibu.. Ibu..” yaah.. walau aslinya “hiibbbuuww… bbuuww..”:mrgreen:
Lucuu…sekali. Alhamdulillah.

berbagai ekspresi Haniya

Saya semakin tidak sabar melihatnya mulai duduk, merangkak, belajar berjalan, belajar bicara.. can’t wait to see that moment.

Oh iya, karena sebulan lagi Haniya berusia 6 bulan, artinya saya harus siap-siap memberinya MPASI (Makanan Penunjang ASI). Sedikit nervous, tapi insya Allah positif thinking terus. Pasti bisa. Belajar dari sekarang. Semangat!

Menemani anak 24 jam non stop bertumbuh adalah anugerah luar biasa. Mengenalkannya pada dunia, dan mengajarinya banyak hal. Jadi anak shalihah  kelak, ya Haniya..🙂

5 Tanggapan to “Selamat ulang bulan ke lima, Haniya…”

  1. rikainggit Maret 8, 2012 pada 9:29 am #

    hehehehehe…..selamat ulang bulan yang ke lima haniya……

  2. mulki Maret 8, 2012 pada 9:31 am #

    happy birthday, haniyaaa🙂 smg awet dan langgeng #loh? plak.

    smg sll tumbuh dgn sehat, ya.. jadi anak sholeh yg berguna bagi agama, bangsa, dan almamater :))

    ngefanss deh sm ummu haniya. suka skali baca crita2 ibu atau ayah ngurus anak2nya.

    mpasinya pk BLW ya, mbaaa.

    • Sonia Atika Maret 8, 2012 pada 9:35 am #

      aaamiiin………….

      makasih, ammah mulki…
      btw, BLW itu apa mulki?

  3. Mulki Maret 9, 2012 pada 10:17 am #

    baby led weaning🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: