Saya dan Hobi Menggambar

25 Mar

Sebenarnya saya sudah memiliki hobi ini sejak SD. Ya, sejak keciiil sekali saya sudah hobi menggambar. Saya ingat, saya suka sekali menggambar dasar laut, dilengkapi dengan ikan-ikan, karang, dan penyelam. Itu membuat saya berkhayal, bahwa ada kota di bawah laut dan penduduknya adalah ikan.

Kemudian saya juga suka menggambar seorang putri, dengan aksesoris baju yang macam-macam, dan aksesoris rambut yang saya buat mirip dengan serial silat Cina yang ada di Televisi, dengan konde dimana-mana. Dulu saya menganggap gambar saya sudah sangat bagus. Setiap buku tulis, hampir semua cover sebelah dalamnya saya gambari ‘princess’. Dan tahu tidak? badannya terdiri dari komposisi dua segitiga yang bertemu di satu sudut menjadi bagian perut. Bisa membayangkan? hihi..
Tinggal dilengkapi dengan dua tangan lurus ke bawah, leher, kepala yang juga berbentuk segitiga, rambut, dan sepatu high heels. Unik. Seandainya saya bisa menemukan gambar-gambar itu lagi, pasti saya akan tersenyum geli.
Saat itu saya hanya berfantasi tentang seorang putri, dan pakaian yang indah. Dan membayangkan jika saya menjadi mereka.

Lalu SMP, saya mulai suka membaca komik. Awalnya dengan mencontoh tokoh-tokoh komik yang saya sukai, lama-lama saya membuat karakter sendiri. Jadilah saya memiliki hobi menggambar karakter komik.

Hingga SMA, saya masih suka sekali menggambar karakter komik. Kadang, ada teman yang ingin dirinya digambar, atau cowok taksirannya, atau karakter by request. Saya sampai memiliki koleksi satu binder tebal khusus untuk mengumpulkan gambar-gambar saya.

Sayang waktu itu belum ada scanner. Kalau ada, sudah saya scan semua, kemudian saya edit pake photoshop. Dan saya juga tidak tahu kemana koleksi saya itu. Sudah menjadi satu dengan buku-buku jaman sekolah nampaknya.

Ketika kuliah, hobi ini sempat mandeg. Karena tidak sempat. Benar-benar tidak ada space di pikiran untuk menggerakkan tangan untuk menggambar. Hingga akhirnya, sewaktu saya sudah menikah, punya laptop, saya sempat mengunjungi blog dan profil fb nya dek Citra yang hobi menggambar juga. Gambar-gambarnya bagus, akhirnya saya beranikan untuk bertanya, software apa yang dipakainya. Ternyata dek Citra memakai ‘Inkscape’.

Langsung saja saya bertanya pada Eyang Gugel, sedikit tutorial, dan link download gratisnya.  Install, coba-coba dikit. Dan ternyata gampang sekali. Inilah gambar pertama saya menggunakan Inkscape otodidak dalam waktu beberapa menit.

inkscape-kartun hijab-akhwat cartoon

Kartun pertama saya dengan Inkscape, hasil coba-coba

Sejak itu, setiap ada waktu senggang, dan ada ide, saya langsung mengunjungi software itu dan berkreasi. It’s fun. Lumayan, menyalurkan hobi lama yang sempat terlupakan.

kartun suami istri-kartun suami istri Islami

Ini gambar yang paling lama mbikinnya. Agak ruwet

Hingga akhirnya saya cukup PD untuk menguploadnya di fb maupun di blog. Bahkan saya membuat akun khusus flickr, untuk mengupload kartun-kartun saya.

Karena memang hanya iseng, saya tidak begitu ‘narsis’ dengan gambar-gambar saya. Maksudnya tidak begitu aktif untuk menshare, mempublikasikan, ataupun tidak begitu berharap karya saya dilihat orang banyak. Hanya ingin menyalurkan hobi saja.
Tapi kadang senang juga kalau ada yang mengapresiasi, mengcopy, bahkan ada yang dijadikan foto profil. Rasanya gimana, gitu.. hehe:mrgreen:

Jadi bagi saya tidak ada masalah kalau ada yang menggunakan gambar-gambar saya. Yang masalah kalau karya saya diakui sisi. Hehe. Tapi namanya juga dunia maya, siapapun bebas mengcopy, edit, simpan, dan sebagainya. Saya ikhlas, kok. Ikhlaas..:mrgreen:

Dengan hobi saya ini juga akhirnya menambah statistik blog saya ini menjadi gila-gilaan. Duh, jadi ga enak, pada nyasar ke sini.:mrgreen: . Ya sudah, ga pa-pa. Semoga gambar saya bisa digunakan sebagaimana mestinya. Aamiin.

Oh iya, di page yang saya pasang khusus untuk hasil iseng saya, ada juga yang bukan murni buatan saya pribadi. Hanya ambil di internet, kemudian tokoh ibu saya beri jilbab. Awalnya melihat kartun tersebut menarik sekali. Ada ayah, ibu, dan anaknya. Tapi sayangnya sang Ibu tidak memakai jilbab. Berawal dari iseng, lama-lama saya mencari gambar yang lain, dari wallcoo, lalu saya edit. Ini nih editan pertama yang saya buat.

kartun keluarga Islam lucu

Editan dengan paint, gambar keluarga dari internet. Saya beri jilbab🙂

Ciri kartun yang punya saya murni adalah terdapat nama saya disitu, maupun alamat blog. Kecuali ada yang mencomot, lalu mengkrop nya. Jadi tidak ada nama saya.

Terakhir, ketika iseng juga, Haniya sedang tidur pulas, pekerjaan rumah beres, suami di kantor, saya mencoba menggambar ilustrasi kami. Ini hasilnya.

kartun keluarga Islami

Iseng menggambar keluarga kecil kami. Seadanya. Hehe

Namanya juga hobi, hanya pengisi waktu luang. Juga murni ide pribadi. Kalau ada yang menganggap bagus, alhamdulillah. Kalo ada yang bilang tidak bagus, silahkan. Masing-masing orang berhak memiliki kreasi, asal tidak merugikan orang lain, bukan?

18 Tanggapan to “Saya dan Hobi Menggambar”

  1. vinah Maret 26, 2012 pada 6:59 pm #

    Bagus juga gambarnya,boleh dong gambarin saya,hehehe

    • Sonia Atika April 8, 2012 pada 11:19 am #

      haha… ga pede bu sayaa…😀

      • rina April 12, 2012 pada 1:17 am #

        mba, saya naksir gambar yang ketiga tapi pengennya anaknya pakai jilbab boleh gak dibikinin? buat logo toko muslim ^____*

        • Sonia Atika April 14, 2012 pada 7:28 am #

          itu uda, dek, di page ‘kartun saya’..

  2. Yode Arliando Mei 30, 2012 pada 11:49 am #

    Mbak, gambarnya bagus.. Saya boleh simpan ya… ^^

    • Sonia Atika Juni 1, 2012 pada 5:15 pm #

      boleeh.. silakan..🙂

  3. saraswati Juni 12, 2012 pada 12:04 pm #

    gambarnya bagus mbak…bisa buatin sy?

  4. irarahmahawalanti Agustus 3, 2012 pada 5:05 am #

    Assalmualaikum mba Sonia,
    Gambarnya lucu dan bagus. Boleh dunks digambarin foto satu kluarga dgn 2 anak putra dan putri? Saya berhijab dan berkacamata juga🙂. Saya akan menikah dan ingin punya anak kembar cowo dan cewe🙂
    Meskipun belum tercapai semua, saya pengen punya gambar cartoon keluarga muslim impian saya itu.

    Makasiy ya mba…semoga ga keberatan ya🙂

  5. afikaar September 23, 2012 pada 5:13 pm #

    gambarnya lucu-lucu mba…!
    saya juga suka menggambar… salam kenal ya mba🙂

  6. muhaemi Februari 10, 2013 pada 6:20 pm #

    salam….saya saudari islam dari malaysia…boleh tak saya nak copy gambar saudari untuk cover facebook saya?saya tanya untuk permisi hehehe🙂 saya harap dibalasin ya msg saya🙂

    • Sonia Atika Februari 11, 2013 pada 12:23 am #

      Boleh.. silahkan..🙂

  7. endahaibara April 15, 2014 pada 3:42 am #

    assalamu’alaikum. maaf mbak sonia, bisakah saya memakai gambar mbak untuk undangan pernikahan saya? ^_^ terima kasih sebelumnya.

  8. gatieayank Juli 14, 2015 pada 2:29 am #

    Mohon ijin ambil gambar yg ilustrasi keluarga kecil ya mba (ayah+ibu+anak perempuan berhijab) … Mau buat paper bag bingkisan lebaran & kami tuliskan nama keluarga kami…
    Terimakasih…

  9. gatieayank Juli 14, 2015 pada 2:32 am #

    Mohon ijin ambil gambar yg ilustrasi keluarga kecil (ayah + ibu + anak perempuan berhijab) ya mba…
    Untuk dibuatkan paper bag bingkisan lebaran.. Dengan nama keluarga kami…

    Terimakasih banyak…

  10. Wilda September 17, 2015 pada 9:08 am #

    bagus kok, punten donlot yak, hehe
    terima kasih sebelumnya

  11. Maddiolo D. Ablado Juli 25, 2016 pada 12:09 am #

    Assalamualaikum bunda
    Boleh minta gambar asli yang sepedahan itu ga bun?
    syukron
    jazakumullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: