Anak ; Amanah dan Investasi

29 Mei

Anak itu investasi. Jadi wajar kalau saya, sebagai seorang ibu, begitu concern soal moral.

Bisakah kita membayangkan dua puluh tahun ke depan, tiga puluh tahun ke depan, apa yang terjadi dengan teknologi internet? gaya hidup anak muda? bahasa, gaya berpakaian?

Orang tua kita mungkin tidak terpikirkan sama sekali bahwa sekarang melihat video bisa di sembarang tempat melalui alat kecil bernama HP ato Ipad. Padahal dulu mereka nonton saja harus di bioskop. Atau kalau kaya dikit bisa menonton melalui piringan hitam dan kaset video.

Mereka juga tidak menyangka kalau berkomunikasi lintas negara bisa semudah sekarang. Dimanapun, kapanpun, bahkan bisa face to face. Sedang mereka dulu menunggu berminggu-minggu hanya sekedar bisa tahu kabar saudara mereka di luar pulau.

Jadi, bagaimana nanti dengan anak kita?

Kaget rasanya membaca tweet seorang aktivis liberal mengatakan “Sering ditanya, kalau anak anda gay, lesbian, Ahmadiyah dst, apakah anda akan biarkan. Jawaban saya pasti, ya, akan saya biarkan.”

Naudzubillahimindzalik.

Bersyukur saya tidak memiliki bapak seperti dia. Bahkan seorang anak pun sebenarnya ‘ingin’ di arahkan mana yang benar, mana yang salah. Mana yang Haq dan mana yang Bathil. Oleh siapa? orang tuanya sendiri.

Madrasah pertama seorang anak sebenarnya adalah orang tuanya. Bukan pesantren ataupun sekolah. Itu adalah penunjang, bukan utama. Pendidikan moral, akhlak, aqidah, bersikap jujur dan tanggung jawab, anak dapatkan dari orang tuanya.

mendidik anak - kartun keluarga Islam - Islamic family cartoon

Anak adalah harta berharga🙂

Itulah mengapa sebenarnya pola pengasuhan terbaik bukan pada ‘seberapa sering nasihat diberikan pada anak’, tapi pada ‘seberapa baik teladan orang tua pada anak’.

Kelak, ‘anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya’ adalah salah satu amal yang tidak akan terputus ketika kita sudah meninggal. Itulah investasi kita. Investasi akhirat. Pahalanya mengalir, meski kita sudah tidak bisa beramal. Kebaikannya akan menambah berat timbangan kita di Yaumul Hisab.

Anak juga amanah. Mereka dititipkan pada kita, untuk dimintai pertanggung jawaban nantinya. Baguskah pemeliharaannya, halalkah nafkah yang diberikan padanya.. Berat? memang. Tapi hasilnya manis, jika kita serius menjaganya.

Mungkin kita tidak akan bisa menemani anak kita setiap waktu. Suatu saat mereka akan berbaur dengan lingkungannya, berpisah jarak dengan kita. Kita hanya bisa berharap Allah menjagakan mereka. Tapi setidaknya, kita telah cukup memberikan mereka bekal, bisa membedakan mana yang haq dan bathil, tetap mengedepankan ridho Allah dalam setiap perbuatannya, meneladani Rasul.

Tulisan yang berat. Tapi semoga bisa menjadi pengingat saya, kita, sebagai orang tua untuk menjaga buah hati kita dari fana nya dunia.

Semoga Allah selalu membimbing kita, anak-anak kita, keluarga kita di jalanNya. Aamiin

“Dan orang-orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah untuk kami isteri-isteri dan anak keturunan kami yang menjadi penyejuk mata kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa”. (QS. Al-Furqan: 75)

6 Tanggapan to “Anak ; Amanah dan Investasi”

  1. Harbun Gandi Subekti Mei 29, 2012 pada 11:00 am #

    Keren sekali,…..
    #matablingbling

    • Sonia Atika Mei 30, 2012 pada 9:12 am #

      kyaa.. spirit up..up..

  2. mulki syubidu2 dam2 Mei 30, 2012 pada 2:12 am #

    mbak, bikin UNS motherhood, yuk. kaya itb. hihiiii…😀 berbagi ttg sgl mcm ttg anak di situ, mbak jadi adminnya. yukyuk😀

    btw, warna skinnya yg cerah dong, mbak😀

    • Sonia Atika Mei 30, 2012 pada 9:13 am #

      itu apa mulki? perkumpulan ibu2 UNS gitu? grup? waa..menarik..

      kemarin habis cerah, mul.. ni beda dikit. biar tulisannya menonjol gitu. hehe

  3. @yankmira Juni 4, 2012 pada 1:06 pm #

    Betul sekali mba…. kualitas orang tua dengan anak itu harus di atas segalanya. semoga saya dan kita semua bisa menjaga amanah dari Allah dan menjadi tauladan bagi anak2 kita yaa. aamiin

    • Sonia Atika Juni 8, 2012 pada 6:50 am #

      betul, mb.. aamiiin..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: