Be A Wise Mother : Bintik merah pada bayi setelah demam?

30 Sep

Berkali-kali saya menemukan cerita dari para Ibu yang mengeluhkan bayinya muncul bintik merah di tubuhnya pasca demam. Dan tidak hanya sekali dua kali juga yang akhirnya si Ibu panik, ke Dokter, dan oleh dokter diberi obat macam-macam.

Ada yang diagnosa campak, dikasihlah obat campak dan antibiotik.

Ada yang ke dokternya ketika masih demam, lalu diberi anti biotik, setelah minum anti biotik, demam si anak turun. Tapi muncul bintik-bintik merah. Oleh dokter dibilang alergi anti biotik, dan dikasihlah resep alergi.

Mendengar yang seperti itu, saya benar-benar kasihan. Bayi yang usianya belum juga satu tahun harus minum obat kimia bermacam-macam. Dan yang parah lagi, bisa jadi obat itu sama sekali tidak dibutuhkan sang bayi.

Belajar dari pengalaman saya beberapa bulan yang lalu, Haniya demam secara tiba-tiba. Siangnya Haniya masih sangat ceria. Makan dan bermain seperti biasanya. Tapi sore setelah saya mandikan, tiba-tiba badan Haniya panas. Saya cek setiap beberapa menit nampaknya demamnya semakin naik. Hingga akhirnya saya lihat Haniya memang mulai merasa tidak nyaman.

Semalaman Haniya susah sekali tidur. Tidur sebentar, lalu bangun dan menangis. Saya susui sambil tiduran juga tidak kunjung tenang, akhirnya tenang setelah saya gendong semalaman.

Supaya tidak panik, saya mencoba search di google tentang cara-cara mengatasi anak demam. Dan nomor satu yang saya catat : ibu jangan panik. Karena demam hanyalah salah satu cara tubuh bayi untuk memprotect dari penyakit yang sebenarnya.

Dan yang kedua adalah jika bayi sudah mulai gelisah dan tidak nyaman, suhu di atas 38 deracat celcius bisa diberi obat penurun panas. Dan memang penurun panas tidak akan bekerja langsung, tapi butuh beberapa menit sampai demam turun, jadi memang ibu harus sedikit bersabar.

Jika demam mulai turun, bayi akan lebih tenang dan bisa tidur pulas.

Obat penurun panas juga hanya bekerja beberapa jam (biasanya 4-6 jam saja). Setelah itu, suhu tubuh Haniya kembali naik. Kemudian saya kembali memberi obat penurun panas. Begitu terus sampai kira-kira 2 hari.

Jujur saja, saya pun bukan tergolong ibu yang sangat tenang. Kadang panik dan sedih juga melihat si kecil yang biasanya ceria dan lincah, tiba-tiba selalu merengek, minta digendong, tidak mau main, malas makan, dsb. Saya pun beberapa kali jika sudah lebih dari satu malam Haniya sakit juga sudah merengek ke suami untuk membawa ke dokter saja.

Tapi alhamdulillah, dengan berbagai alasan suami saya paling tidak suka berobat ke dokter jika masih bisa ditangani di rumah. Kalau sudah begitu, ya sudah, artinya saya harus lebih sabar, tenang, dan kuat lagi untuk merawat Haniya.

Meski hati sudah benar-benar mendung, kadang juga kelaparan karena tidak sempat memasak, Haniya tidak bisa ditinggal, padahal harus terus menggendong dan menyusui (malah curcol:mrgreen: ). Yang penting bagi saya saat itu adalah menjaga Haniya tetap tenang, nyaman dan tetap waspada juga.

Alhamdulillah, setelah 2 malam demam, hari ke tiga demam tidak naik kembali. Bahagia rasanya, badai hati pun berlalu. Biarlah rumah kembali berantakan, capek kesana kemari mengikuti kemana dia pergi, yang penting adalah Haniya sehat lagi. It’s more than everything.

Demam turun, tapi ternyata muncul bintik merah di dada, leher, punggung Haniya. Menyebarnya lumayan cepat. Tanya bapak ibu di rumah, katanya tidak apa-apa, asal demam sudah turun. Tanya mbah gugel, ketemulah dengan link ini yang menyatakan jenis sakit yang dialami Haniya. Yang kutipannya :

Roselia Infantum, yang di sebabkan oleh virus dan umumnya menyerang bayi pada usia 6 bulan – 2 tahun. Gejalanya ialah demam tinggi selama beberapa hari, kemudian timbul bercak merah pada saat demamnya hilang. Bercak merah itu tidak gatal dan juga tidak menggangu bagi bayi, tapi pengaruh lain bayi mungkin akan menjadi sedikit rewel, mudah capek dan hilang nafsu makan.

Tidak ada pengobatan khusus yang dianjurkan, cukup banyak istirahat dan jangan sampai kurang minum. Bercak merah itu akan hilang dengan sendirinya dalam 1 atau 2 hari.

Ah, lega. Alhamdulillah..

Di sinilah saya berpikir bahwa menjadi seorang ibu harus lebih tenang. Bukan berarti saya menyalahkan dokter. Tapi alangkah bijaknya jika Ibu mencoba mencari tahu lebih dulu, bertanya kepada yang berpengalaman, atau search di internet. Sebab di sebagian kasus, ke dokter artinya bersiap-siap memberikan obat resep dokter yang bisa jadi sebenarnya tidak perlu.

Di blog ini juga dijelaskan penanganannya, dan kembali ditegaskan tidak perlu antibiotik. Cuman disebutkan namanya adalah Roseola Infantum.

Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka pengobatan dengan antibiotik tidak diperlukan.

Terapi pada kasus ini hanyalah untuk menurunkan demamnya. Pemberian asetaminofen atau parasetamol atau ibuprofen relatif aman untuk menurunkan demam. Sedangkan, pemberian aspirin pada anak-anak sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan sindroma Reye.

Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang telah dibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan menggunakan es batu, air dingin, alkohol maupun kipas angin.

*Tulisan ini juga dipublikasikan di Blog Harbunesia (Harian Bunda Indonesia) yang membahas seputar ibu, bayi dan balita.

77 Tanggapan to “Be A Wise Mother : Bintik merah pada bayi setelah demam?”

  1. Harbun Gandi Subekti Oktober 1, 2012 pada 8:50 am #

    Subhanallah,..
    Makasih ya Mom Sonia atas infonya,..💡
    :mrgreen:

    • Sonia Atika Oktober 4, 2012 pada 9:42 pm #

      sama-sama, Bapak..😳

    • hery susanto Agustus 27, 2013 pada 12:52 pm #

      trima kasih bunda sonia atas info nya mudah”an bunda sonia sllu di beri kshatan n bsa trus brbgi infomsi

  2. mulki syubidu2 Oktober 2, 2012 pada 8:08 am #

    ahaha. jelas ya mbak klo roselia ga diksh obat itu knapa… hmm.. dokter2 yg kulihat mereka rasional dlm memberi obat. gatau kalo yg lain. malah yg ga rasional kdg2 orgtuanya, ga diksh obat, malah protes.. ga ada keluhan brarti, langsung dibawa ke igd. jadi suka geleng2 sendiri. ahaha. harapannya sih, smuanya bijak ya, mbak… smuanya pinter… dan smuanya saling percaya.

    • Sonia Atika Oktober 2, 2012 pada 10:58 am #

      hehe,,, iya, dokter Mulki.. jadi ada sekuelnya nih harusnya. Be A Wise Doctor.:mrgreen:

  3. atha Oktober 7, 2012 pada 10:57 am #

    hehe..kdg2 gmna gt klo dcritain tetangga, si memey tu mbak, klo sakit, blm k dokter adam blm smbuh.. hadeh, beda bgt sm asya.. yg jls stuju bgt kl qita2 sbg ibu g blh panik klo si kecil sakit, aku jg plg ga suka yg nama ny check in k dokter, kcuali klo emg ud ditreatment bhari2 n ga kunjung sembuh..
    klo bintik2 merah pasca demam it kepercayaanku krn panas ny ud kluar, jd dwujudkn dgn bintik2 merah, hehe.. intiny it emg gpp, tak masalah..
    bagaimanapun, bayi dgn full asi jls lbh kuat drpd yg tidak, so slh 1 treatment biar si kecil selalu sehat adalah berilah asi smpe bts yg dtntukan..

    • Sonia Atika Oktober 7, 2012 pada 10:54 pm #

      iya, Atha. kayak bukan sebuah kebutuhan, tp hanya mengejar gengsi ortu utk membawa anak ke dokter.

      Ibu emang harus jeli, karena emang ga semua dokter menerapkan “rational treatment’ ke pasien..

      Insya Allah Haniya ASI sampai 2 thn kok.. semangat!!

  4. Merry Oktober 12, 2012 pada 1:53 am #

    Una pernah kena juga tuh roseola… sm dktr emg ga dikasi apa2, dibiarin aja selagi anak masi ceria dan ga lemes.. Una ga aq kasi apa2 son,cm dibanyakin minum aja..🙂

    • Sonia Atika Oktober 13, 2012 pada 5:38 am #

      Berarti dokter mb Merry bagus itu.. temenku dikasih antibiotik sm dokter malah mb…

  5. nana November 21, 2012 pada 3:19 am #

    Anak sy skrng jg mengalami Hal yg sama…stlh 3 hari demam tinggi sampai 40 derajat…turunlah demamnya lalu muncul bintik” merah di punggung,perut,wajah,sy sempat panik….tp untung sy menemukan blog ini….jd sy bisa tenang kembali….thx for info nya

    • Sonia Atika Desember 2, 2012 pada 8:22 am #

      Sama2 mb… Alhamdulillah klo bermanfaat…

  6. Bundanya hanifah Desember 2, 2012 pada 7:21 am #

    Hanifah 3 hari yg lalu jg pns tinggi 40 drjt pagi-siang adem mlm pns lg,hari ke 4 alhamdulillah ud ga pns pagi-siang tp muncul bintik2 mrh panik tkt DBD pergilh k dsa,d suruh priksa drh kdr trombosit msh normal 160,hr snin bsk dsuruh cek drh lg. Pdhl hnfh dah ga pns lg tp bercak merah mlh tambah mlai wjh mpe kaki. Tp slm dmam mpe skrg,udh bs aktf main hnfh msh doyan mkn minum ga prnh muntah,mimisan & kejang.
    Mungkin hnifah kena roselia.
    Jd sy bingung bsk cek drh lg ga y? Tlg saranx mba..

  7. Sonia Atika Desember 2, 2012 pada 8:25 am #

    Klo bercak merahnya berkurang mungkin bukan DB mb.. Uda ga panas juga.. Iya, mgkn roselia.. Bintiknya biasanya 2-3 hari hilang sendiri, mb..

    • uti Desember 13, 2012 pada 1:31 am #

      Hik, sama anakku kya bgini, tapi udah dikasih antibiotik😦. Telat baca

  8. keishyka Januari 31, 2013 pada 1:51 am #

    ya allah,anak sy skrg br mengalaminya,sy udah panik bgitt muncul bintik2 kemerahan hmpir diseluruh tbuh,tdnya mau sy bw ke dsa,tp hati sy bimbang akhirnya alhamdulillah sy baca blog ini,terima kasih infonya berguna bgt bwt sy. . .

  9. devita manurung Februari 6, 2013 pada 4:20 am #

    makasi y mbak blogx berguna sekali buat saya,
    anak sy jg kna virus roseola,setelah baca ini,jd ga panik lg deh..

  10. Kharissa Fania ♛ (@kharisssa) Februari 18, 2013 pada 2:53 am #

    Anak saya baru saja mengalami hal yg sma seperti ini, alhamdulillah saya tenang kalau trnyata baik2 saja dan ga perlu dikasih antibiotik. Terima kasih infonya mba, bermanfaat sekali

  11. rina Februari 18, 2013 pada 9:26 am #

    Anak sya skrg sdg mengalaminya, ni hari ke 4. alhamdulillah bintik nya udah mulai bekurang. Tapi yg saya risaukan bdan anak sya kok panas lagi mbak. Tlg saran nya ya mbak, sya takut zahra dmam lagi..

    • Sonia Atika Februari 18, 2013 pada 1:49 pm #

      dulu waktu kena roseola pertama, putri saya kena lagi kira-kira seminggu kemudian, mb. Roseola juga…

      Bisa jadi putri mba juga kena lagi.. tetap tenang, mb… tetap waspada dengan demamnya.. ditunggu lagi 3 hari kalau turun dan merah lagi ya berarti kena lagi..

      kalau belum turun ke dokter saja…

      Cepat sembuh ya Zahra🙂

  12. Erieca Februari 21, 2013 pada 9:22 am #

    Wah mksh mba, zhian panas ampe 4 hr, trus panas ilang muncul bercak merah d wajah n tangan. Mdhn cpt ilang, soale dr kmrn aq brtahan ga ke dsa, ampe ibu q ngomel coz aq g bw anak k dsa. susah kasih pengertian ke ortu

  13. malisa Maret 7, 2013 pada 4:05 pm #

    Anak saya barusan kena penyakit ini jg, demam 3 hari, ini hari uda ‎​Ъќ>:/ deman tp muncul bintik2 merah di wajah, dadda, dan punggung. Trus ‎​ªķΰ bawa ke dokter, kata dokter gpp, malah dokter bilang ” ‎​ªķΰ suka kalo banyak pasien kayak gini, penyakitnya sembuh2 sendiri” trus akhirnya dikasi salep buat hilangin bintik2 merahnya, tp kata dokter mau ‎​Ъќ>:/ dikasi jg gpp, salep fungsi nya buat mempercepat hilangnya bintik itu. Lega dah, untung ‎​Ъќ>:/ sampe kena antibiotik, paling anti tuh ‎​ªķΰ sama antibiotik.

  14. ririn Maret 12, 2013 pada 1:52 am #

    Thanks ya mba, infonya bermanfaat bangeet.., wildan 3th, barusan mengalami gejala yang sama. Bingung mau ke dsa atau nga, terus googling nemu blog ini, jadi lega…

  15. ira April 12, 2013 pada 2:39 am #

    thank u mom atas infonya, babyku 8 bulan baru saja mengalami apa yg terjadi pada haniya, jadi gak panik lg deh🙂

  16. mimi April 15, 2013 pada 10:00 pm #

    babyq juga lagi kena itu.menurut kepercayan org makassar daerahq tinggal itu namanya “sarampah”.katany amalah d suruh kasih keluar itu sarampahnya.g boleh d mandiin,ndag boleh kena angin,harus d pakein baju tertutup,trus d suruh minumin air kelapa.ktanya kalo g keluar itu sarampahnya bisa bahaya.alhamdulilah saya suka tanya2 mbah google.jd g khawatir lagi.mksh

    • Sonia Atika April 30, 2013 pada 5:40 am #

      iya, klo udah denger emang jadi kepikiran. padahal ga digituin aslinya ga pa2..
      sama-sama Bu Mimi..🙂

  17. Neli putri April 23, 2013 pada 1:02 pm #

    Thnks bgt ya infonya mba.baby ku 7bln,lg kena roselia jg ya .lg panik jg,pgn tanya dokter.tp suami nahan,trs nemu blog ini,suruh baca.lega hatikuuu…mdh2n cpt ilang bintik2nya

    • Sonia Atika April 30, 2013 pada 5:40 am #

      aamiiin…
      sama-sama bu Neli…

  18. devi April 30, 2013 pada 4:41 am #

    thanks infonya ya,,anakku umur 1 thn jg ngalamin yg kayak gini, berarti virus ya, bukan tampek….trus apakah setelah sembuh bintiknya hilang, anak akan kembali mau makan dan tidak rewel bu? trim infonya

    • Sonia Atika April 30, 2013 pada 5:39 am #

      iya, virus bu…

      setelah sembuh bintik hilang.. klo nafsu makan memang agak lama kembalinya, yang sabar saja..

      alhamdulillah begitu bintik hilang ga rewel lagi, bu..🙂

  19. Deddy Mei 12, 2013 pada 2:56 pm #

    Thx atas info-nya

    • atin Mei 17, 2013 pada 1:21 am #

      anak saya 8 bulan juga gt minggu malam panas sampe rabu g turun trus ke dokter(telat baca) trus dikasih obat & antibiotik,hari kamis panas turun trus muncul bintik merah,gimana mbak apakah itu alergi obat ato kena roselia,maklum saya termasuk ibu yang gampang panik.makasih

      • Sonia Atika Juni 9, 2013 pada 4:18 am #

        Itu Roseola, Bu.. nanti hilang sendiri merah2nya…

    • Sonia Atika Juni 9, 2013 pada 4:19 am #

      Sama-sama pak🙂

  20. chomsi Mei 18, 2013 pada 7:55 am #

    Alhamdulillah,, Anak saya juga mengalami hal itu. Panik rasanya jika anak mengalami bintik2 merah,,,,,,
    Terima kasih Bunda atas infonya,,,,
    Sangat bermanfaat,,,,,

    • rully prihanti Mei 26, 2013 pada 1:34 am #

      makasih infonya mbak.
      ni talita anak saya lg kena sekarang.
      alhamdulillah jd tenang setelah baca tulisan ini.
      ijin share ya mbak biar mom2 yg laen pada tau..

      • Sonia Atika Juni 9, 2013 pada 4:10 am #

        Silakan mb.. dengan senang hati🙂

    • Sonia Atika Juni 9, 2013 pada 4:17 am #

      Sama2 Bunda..🙂

  21. Irina Nurwulan Mei 29, 2013 pada 1:44 am #

    Anak saya, Izzan (16 bulan), kemarin demam 2 hari efek erupsi gigi geraham bawahnya kana dan kiri sekaligus. Hari ke-3 demam reda, tapi besoknya keluarlah itu yang namanya bintik-bintik merah di wajah dan punggungnya. Kata neneknya Izzan, itu namanya “alus” di daerah Sunda, dan katanya (lagi) jangan dimandiin (gak ngerti alasannya apa). Tapi sepertinya, feeling saya, Izzan kena roseola ini deh. Soalnya anaknya tetap ceria, gak lemes, meskipun sedikit agak rewel dan agak susah makan (ditambah efek tumbuh giginya). Setelah baca tulisannya ini, saya jadi lebih tenang. Berharap besok atau lusa, bintik-bintik merahnya segera hilang tak berbekas.

    • Sonia Atika Juni 9, 2013 pada 4:10 am #

      Sudah sembuh mb jagoannya?

      semoga bermanfaat ya artikelnya🙂

  22. novita rina triana Juni 8, 2013 pada 10:30 am #

    Aduh thnx bgt ya mbak..kebetulan bayi aq mengalami hal yg sama hari ini. Hampir dbawa lagi ke dokter takut campak atao demam berdarah..tp kok cm d punggung..rewelnya setengah mati n ga mau mkn..ku gooling jg..eh ketemu link ini..kusuruh jg ayahnya baca..mdh2an 2 hari udah ilang..teng kyu mbak..jaman skrg memang hrs jd smart mom..ga cm punya smartphone doank..

    • Sonia Atika Juni 9, 2013 pada 4:09 am #

      Alhamdulillah mb kalo bermanfaat…🙂
      iya, teknologi sdh canggih, informasi mudah di akses..

      selamat menjadi ibu yg bijak🙂

  23. BundaDhifa Juni 12, 2013 pada 9:37 am #

    mba, ni anak sy abiz demam 3 hari ni…. skrng bnyk bintik merah di badan, muka, ma leher…. biar bintikx ilang d diemin ja? ato blh g klo dksh bedak salicyl ato caladine cair? dtunggu y mba jwbnx… mksh….

    • Sonia Atika Juni 12, 2013 pada 10:08 am #

      Didiemin aja, bu.. 2-3 hari hilang sendiri kok.. tetep dimandiin ga pa2..🙂

  24. tata Juni 14, 2013 pada 5:19 pm #

    Waaah sm nih iyong ji,dh 1minggu ini,awalx demam 2hr,trus rewelx nta ampun,mpe uti telp sy dminta plg cpt,trus hr ke 4 flue hr ke 5-6 batpil n mutah…tp ga diare,cm slm awal demam kl mlm tb2 kebangun n narik2/nendang2 kakix,kyae pegel2 gt..kl batpil cm sy ksh pupuk cengkih+telon,batukx pke bunga blimbing gula batu,kembungx pupuk bawang merah..
    Eh hr ke 6 demam lg dsertai muncul koloni bintik2 yg sdikit keras tp gatel,awalx aq kira serangan semut,tp kok byk,nyebar di tgn,kaki,kuping,perut punggung,tp tdk rata/full….sy cm ksh telon aj…bs ilang…eeeh kok ini mlm,hr ke 7 demam lg n muncul dikit2 lg….td s4 tk ksh sanmol cos iyong sdkt krg nyaman…tp br bbrp jam kok bintik2 dh hilang ya….perlukah ke dokter?

    • Sonia Atika Juni 15, 2013 pada 4:41 am #

      kalo bintik2 muncul pas masih demam, beda bu..
      bawa ke dokter saja ya..
      semoga cepat sembuh🙂

  25. shanti Juli 15, 2013 pada 11:26 am #

    Mba,kl bayi sy usia 4bln sudah kena gejala seperti ini gimana Чα? Sama jg penanganannya ato dibawa ke dokter?
    Feeling sy sih ga kenapa2,mau ditreatment aja di rumah…
    Tlg sarannya,makasih

    • Sonia Atika Juli 15, 2013 pada 11:59 am #

      Gejala bintik2 nya mb? Ditunggu saja 2/3 hari sampe bintik2 hilang mb..
      Kalo hilang berarti tidak perlu ke dokter..

      • shanti Juli 15, 2013 pada 7:15 pm #

        gejala bintik2nya merah2 jg..makanya mau diliat dulu 2-3 hr ini…smg aja menghilang bintik2nya… mksih mb infonya🙂

  26. Bima Juli 17, 2013 pada 7:07 am #

    alhamdulillah sangat berguna sekali info ini….anak saya baru dibawa ke dokter kemarin oleh istri saya di kampung…jd nambah wawasan dan ilmu…sama dokter malah dikasih antibiotik…setelah baca ini langsung saya bilang stop antibiotiknya ke istri saya…terima kasih bunda…

  27. mamasha Juli 29, 2013 pada 4:12 pm #

    hai mba,, makasih bgt nih ketemu blognya..:)
    anak saya 4 tahun juga baru aja kena penyakit ini , panas 2 hari, turun trus hari ke 4 -5 panas lagi,,hari ke 7 td pagi saya baru liat kok merah2 gitu ya mukanya, tangannya juga..Kakanya yg 6 tahun juga sama kena juga, cm kakaknya merah di pipi aja semu2 merah gitu.,,mereka masih pada aktif dan nafsu makan juga masih pd bagus, alhamdulillah..cm besok pada pengen masuk sekolah nihh,,,di bolehin gak ya?apa disuruh istirahat lagi dirumah yaa?mumpung bln puasa juga * jd bisa leyeh2 di pagi hari hihihihi. klo kondisi nya kaya gitu,,mending istirahat apa di liburin aja yaa skolahnya yaa?secara 2 hari lagi dah libur lebaran 2 minggu

  28. mamasha Juli 29, 2013 pada 4:16 pm #

    tapiiiii,,gimana yaa nasib sebotol antibiotik yg udah di minum ke duanya x_x …..

  29. Anita rahmawati Agustus 1, 2013 pada 3:01 am #

    Persis yang terjadi pada fatih, putraku yang berumur 14 bulan, memang seorang ibu harus banyak belajar bersabar…..panik yang berlebihan tidak
    tdk mengatasi mslh malah menambah masalah…

  30. al farizi zone Agustus 19, 2013 pada 5:41 pm #

    Tapi hati2 juga buu demam itu bukan hal spele .. terjadi demam karena ada sesuatu bisa inflamasi infeksi dlsb klo mau d beri perwtn d rmah jgn lbh dr 38.5 karena d atas itu anak bisa kejang .. atoo tdk lbh dr 3 hari.. .. dan ingat beri obat terukur obat bebas yg tersedia d apotik lbh aman ktimbang obat ga jelas d emperan hehehhe ..

  31. Hubi Agustus 27, 2013 pada 6:45 am #

    Terimakasih infonya.. anak saya setelah demam mengalami hal yg sama bintik2 di tangan dan kaki. setelah baca ini jadi lebih tenang. sekarang untuk maintenance saya berikan jintan hitam dan madu

  32. Ria Andriyan September 11, 2013 pada 7:29 am #

    thanks y mb sharex…
    annku si amilly demamx naek turun 3 hari ini panikx minta ampun…alhmdllh stelh 3 hri ini demamx turun ,tpi tumbuh bintik2 merah kecil2 d mukax…
    jdi stelah baca blogx gk panik2 lgi…..wish tenang….

  33. tienn Oktober 31, 2013 pada 3:01 am #

    thanks ya infonya…anakq 5bln hr ini baru muncul ruam2 merah di seluruh tubuh & wajahnya setelah demam naik turun kisaran 37 – 38.6 selama 3 hari. hari kedua sempet bawa ke dsa soalnya terasa panas bgt di bagian kepala aja, tangan kaki cuma anget tp di ukur suhu tinggi..maklum masih baby jd kuatir aja. Kata dsa kena virus biasanya max 7hr & ga dikasih antibiotik, cuma dikasih oralit buat jaga2 & diingetin banyakin minum. Baru inget kakaknya dulu jg pernah spt itu demam tinggi banget 3hr pas turun bercak2 merah 1 hari trus ilang sendiri, cuma kakaknya dulu kena pas usianya udah 1.5th…makasih infonya yaa

  34. maulida November 9, 2013 pada 12:40 pm #

    terima kasih infox… sangat membantu, hal yg sama terjadi pd maryam anak saya…

  35. Mama baim Januari 13, 2014 pada 3:08 am #

    anakku jg lg kena virus ini..tp kmrn pas demam sdh dibw ke dr dan diksh antibiotik..hiks..skrg bintik merahnya msh ada udh hr..mau kubawa ke dr lg..alhmdll nemu blog ini..mksh bun..

  36. rian noviyanti Februari 17, 2014 pada 2:01 am #

    Kl dl anakku pas kena virus raseola,merahnya ky ruam gt bun..tp kl kali ini abis panasnya turun timbul bintik-bintik merah di smua badan(kecuali muka)..itu kena virus raseola jg ya?

    • Sonia Atika Februari 17, 2014 pada 10:03 am #

      iya, Bunda, anak saya jg yg pertama ruam2, yg kedua bintik2.. dua2nya setelah demam… jadi dua2nya roseola…

  37. hendra hp April 27, 2014 pada 4:20 pm #

    trims bunda, lega setelah membaca artikel ini, smoga anak-anak kita sehat selalu ya …amin

  38. monik Mei 4, 2014 pada 2:48 am #

    Makasih buuu, persis nih sama yang sedang terjadi sama anak saya.. jadi lega..

  39. syamsul arifin Juli 31, 2014 pada 4:51 pm #

    الْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّالْعَالَمِينَ,jd gak panik lg.anak saya udah 4 hari demam,trs ne demamnya udah mendingan tp timbul ruam d tubuhnya.takutnya yg terburuk,DBD.tp stlh baca artikel ini jd tenang kembali.terima kasih infonya,teruslah berbagi bundha sonia….

  40. tito Prasetyo Agustus 29, 2014 pada 1:25 pm #

    makasi mb. anakku kyk gn jg. dr td cr2 info di internet.mg2 ruamnya sgr ilank.

  41. e2990 Desember 3, 2014 pada 3:15 am #

    Hati-hati memberikan paracetamol (=panadol) pada anak di bawah 6 tahun. Penelitian mutakhir menunjukkan risiko 46% anak yg sering diberi paracetamol mengidap asma.

    Sumber: BBC NEWS | Health | Baby paracetamol asthma concern

  42. tiea Januari 2, 2015 pada 9:04 am #

    Mksh mb sonia jadi lega bacanya , saat ini Anak sya lagi kena hintik2 merah setelah demam, udah sya bawa ke dokter dan di kasih parasetamol, obat penghilang ruam sama antibiotik.
    Udah terlanjur minum antibiotik neh mb perlu di hentikan ga yaa ??
    Cz ngeri juga baca2 efek antibiotik apalagi masih bayi gini ( 8bln )

  43. ade Maret 21, 2015 pada 8:25 am #

    Subhanallah mudah2an ini adl ptunjuk dr Allah. Artikel ini yg menggagalkan sy utk mmbwa ank sy ke rs. Hrni hri ke 8 ank sy (9 bln)demam,bgtu panas turun muncul merah2 dibadan.sblmnya sdh 2x kdktr dg diagnosa beda, yg satu blg sariawan, yg satu blg radang alhasil ankku mnum obat gnti2, nyeselnya lg hri ke6 lg2 resep dokter ak ksh ankku antibiotik huaaaa,,, sbnrnya itulah yg mmbuat sy anti dokter sm RS sbisa mgkn klo cm flu,batuk,demam 3hri sy rawat sndri drmh tnpa obat2an. Thanks bunda bermanfaat bgt

  44. alice rauf April 4, 2015 pada 2:46 pm #

    Telat yah bun koment ny,paz liat ” blog nemu ini.nanya dunk bun.klo bintik merah gituch tetep dimandiin ng bun.thxx to info balik nya.🙂

  45. elly April 24, 2015 pada 8:57 am #

    Assalamu’alaikum bunda Sonia..
    Sama persis yang dialami anak saya (14 bln)
    Dan setelah panas naik turun walaupun tidak sampai 38.5°C akhirnya alhamdulillah di hari ke 6 suhu tubuhnya normal dan hari ke 7 muncul sedikit bintik2 kemerahan di sekitar wajah, kepala, dada dan perut. Dan anak sudah kembali aktif dan ceria walau makan belum banyak spt sbl nya.
    Namun tangannya kalau dipegang kok dingin ya bun? Kalo orang jawa bilang anyep. Gpp kah itu?
    Sy sih keukeuh ga mau di bawa ke dokter lagi…

  46. Willya Mei 9, 2015 pada 5:34 pm #

    Halo, hari kamis batita sy skt demam stlh vaksin cacar air. Jd disarankan dokter kasi penurun pns.. bsknya ud agk mending n mlmnya ud sembuh, ga pns lg.. hari ini tbhnya tumbuh bintik merah n di ujung lidahnya ada bercak merah, dia ga nafsu mkn.. cuma minum sup n mkn sdkt.. jd sy kasi susu aza.. knp bintik merah di lidah bs muncul ya?

  47. sulistianingsih September 1, 2015 pada 11:32 am #

    anak saya nida bru 6 bln,kmrin udah 3hr panas tinggi gak trun2,sya panik trus lngsung sya bwa k dkter,d kasihlah antibiotik +obt pnurun pnas,bsk’y langsung keluar bintik merah d sluruh bdn+wajah juga. Pdahl kasian s kecil msh byi udah d kasih antibiotik, kalo misal udah minum antibiotik,suatu saat panas lg nanti ketergantungan ga sma antibiotik?

  48. Bulan April 13, 2016 pada 10:36 pm #

    Anak saya setelah demam 2 hari tiba-tiba muncul bintik merah pada mukanya. Apa itu tidak apa ya ? Soalnya saya takut sekali

  49. martha dameria Mei 3, 2016 pada 6:26 am #

    makasih info nya mbak.si kecilku sama,gtu jg.kmrn abis imunisasi.demam ampe 3 hr.walau masih anget,obat demam nya saya stop.(ga tega kelamaan diminumin obat) abis gtu bawaannya ngantuk mulu.pas sore,keluar lah itu si bintik2 merah.lucunya,bukannya panik,malah saya mandiin pake air anget.hehehe..hari ini masih ada sih bintik2 nya.td abis mandi saya taburi aja dgn salicil.sempet curiga sih jgn2 dbd.tp stlh baca blog ini.jd ga kuatir lg.

  50. Uut Juni 15, 2016 pada 4:19 am #

    Alhamdulillah dapat blog ini, sempat panik. si kecil usia 16 bln kmrin panas 2 hari sampai 39,9. sy beri parasetamol. hari ke 3 turun demamny, skrg hari ke 4 smga ga demam lagi. tapi ya itu turun demamny tapi kok ga seceria sblmnya, susah makan juga, jd kasihan n jadilah kebingungan krn jg nemuin bintik2 merah di punggung n wajah. tapi kdg hilang. stlh baca blog ini, sedikit tenang, smga ga demam lagi aamiin…..makasih yaaa….

  51. Hanny damanik September 27, 2016 pada 1:32 am #

    Pagi ini anak saya muncul ruam merah setelah demam 3 hari hampir mau sya bwa kedokter…mksh bun infonya sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: