Ber-Hari Raya di Negeri Orang

26 Okt

Bagaimana rasanya Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha di negeri orang? Mungkin banyak yang penasaran.

Kalau saya yang sedang berada di negeri orang seperti sekarang, justru balik bertanya. “Menurut anda, bagaimana rasanya Hari Raya hanya berdiam diri di rumah, tanpa ada suasana ‘berduyun-duyun’ ke lapangan untuk sholat, bersilaturahmi dengan teman, keluarga dan tetangga ketika Idul Fitri.”

“Idul Adha, tanpa ada kiriman daging Qurban ke rumah lalu dimasak bersama keluarga, tanpa ada kerja bakti di masjid mengolah hewan qurban dengan jamaah yang lain..”

Hanya di rumah saja.

Mungkin memang masih ada takbir yang bersahut-sahutan selepas maghrib dan isya, lalu sebelum sholat ‘Ied esok harinya. Soal liburan juga lumayan, 2 minggu untuk anak sekolah dan 5 hari untuk instansi dan perkantoran khusus untuk Idul Adha. Tapi masih saja ada yang belum lengkap kalau belum merasakan yang saya sebut tadi.

Begitulah, hari raya di negeri orang. Di Saudi Arabia, tepatnya. Atmosfer Hari Raya di Indonesia memang selalu spesial. Membuat rindu setiap orang yang sedang jauh dari kampung halaman.

Dua kali Idul Adha dan sekali Idul Fitri saya rasakan di Jeddah. Sepi.

Yang saya coba adalah tetap menghadirkan suasana hati yang sama ketika di Indonesia. Melihat saluran TV Indonesia, mengamati hiruk pikuk jejaring sosial yang tengah bercerita tentang hari raya di tempat masing-masing.. Ah.. Sayang rasanya kalau melewatkan Hari Raya begitu saja.

Sejatinya Idul Adha adalah mengenang sebuah peristiwa penting, tentang pengorbanan yang hakiki terhadap Rabb nya, menghamba dengan sepenuh penghambaan, berbagi dengan mereka yang kekurangan.

Selamat Hari Raya Idul Adha bagi saudaraku muslim di seluruh dunia🙂

 

Satu Tanggapan to “Ber-Hari Raya di Negeri Orang”

  1. mastur songenep November 7, 2012 pada 3:55 am #

    enak dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: