Kuliner Jeddah : Kapsah atau Nasi Bukhori

14 Jan
Kapsah

Kapsah atau Nasi Bukhori
Sumber : kamera pribadi

Orang Indonesia mungkin mengenalnya dengan nasi Kebuli. Tapi saya sendiri kurang tahu sama atau tidak dengan nasi kebuli yang dimaksud orang Indonesia, karena saya belum pernah makan nasi kebuli.

Pertama saya makan nasi ini, unik. Kombinasinya Nasi kuning (dengan ukuran beras yang besar dan bumbu yang berbeda), lalu setengah potong ayam goreng utuh, lalapan daun segar dan bawang merah! Aneh nggak sih bawang merah dimakan mentah-mentah?

Walaupun memang bawang merah disini sebesar bawang bombay, dan ternyata rasanya manis. Baru tau saya rasanya bawang merah:mrgreen: .

Ada satu lagi tambahan komposisi, yaitu kuah yang rasanya agak asam. Mungkin berasal dari asam tomat, ditambah cabai. Jarang saya dapati rasanya pedas. Tapi lumayan kalau ditambahkan pada nasi. Enak sekali euy…:mrgreen:

Sekali beli harganya 12 SAR. Kalau dirupiahkan 30.000. Dengan porsi nasi cukup untuk 6 kali makan, separuh ingkung ayam, seplastik lalapan. Biasanya juga ditambah plastik tipis besar untuk tempat makan berjamaah.

Saya kadang bertanya pada suami “Beneran, mas orang arab seporsi ini untuk satu orang?”
“Iya.” Kata suami saya. Lalu saya melongo..

Kami saja bisa untuk beberapa kali makan.

Anyway, makanan ini sangat berjasa bagi kami saat malam-malam terserang lapar, atau yang sangat penting saat saya malas tidak sempat memasak.

Yang jelas, this is my favorite food in Jeddah. Nyummy….

5 Tanggapan to “Kuliner Jeddah : Kapsah atau Nasi Bukhori”

  1. nunik Februari 6, 2013 pada 3:43 am #

    kalo di indonesia nasi kebuli biasanya pakai kambing mba.. jadi bumbu yang dicampur daging kambing dimasak bersama dengan beras… kadang diganti ayam sih mungkin variasi aja.. dan untuk asam nya biasanya nasi kebuli temennya acar nanas, tomat dan itu pas banget dimakan sama nasi kebuli… jadi pengeennn :,)

    • Sonia Atika Februari 6, 2013 pada 9:51 am #

      oooh,,, disini ada juga nun, kapsah pake daging kambing. lebih mahal, tapi enak juga…
      enak banget nun kuliner satu ini…:mrgreen:

  2. musayka April 29, 2013 pada 3:51 pm #

    Ini nama ayamnya yang digoreng maswi.
    kalau yang panggang namanya fahm.
    dan kalau yang diputer2 sambil dibakar namanya sawaya.

    Nah nasinya ada nasi mandi yang bumbunya dari tetesan lemak ayam,
    nah kalau yang merah bukhori.
    yang kuning ada rempah2nya namanya madhgut

    sedang kalau nasi sama ayam masaknya dicampur namanya nasi biryani.
    nah kalau kambing dan nasinya dicampur namanya kabsyah.

    sementara itu dulu yang saya tahu

    • Sonia Atika Mei 3, 2013 pada 6:19 am #

      waduh.. kok tahu banget, pak? pernah tinggal di Saudi kah? thanks infonya..:mrgreen:

      • musayka Mei 3, 2013 pada 6:22 am #

        bukan pernah tapi masih

Tinggalkan Balasan

