Sepenggal Firdaus; Indonesia.

21 Apr

Saudara2 sekalian, saya mempunyai sebuah imajinasi. Seandainya seluruh penduduk bumi ini diberi pilihan. Di negara manakah mereka ingin menjalani hidup. Saya ingin mereka mencatat tebal-tebal bahwa mereka ingin hidup di Indonesia. Sebab Indonesia adalah sepenggal firdaus di muka bumi. Dan oleh karena itu, setiap orang memimpikan  suatu saat untuk bisa menjalani hidup dinegeri ini.

Itulah cuplikan dari pidato Anis Matta di Semarang tanggal 19 April 2013 kemarin. Sangat dalam maknanya. Terlebih, didengar oleh saya, yang sedang tidak sedang berada di Indonesia.

Saat Anis Matta baru mengucapkan tiga kalimat pertama saja, saya sudah tahu beliau akan menyampaikan apa. Ah.. itukah yang semua orang rasakan? bukan hanya saya saja ternyata.

Memang baru Saudi Arabia, negara yang saya tinggali selain Indonesia. Tapi dari cerita teman yang hidup di luar negeri, dan pernah mengunjungi beberapa negara, selalu sama. Semua kriteria tempat tinggal yang nyaman adalah Indonesia. Alamnya, musimnya, makanannya, penduduknya, semuanya.

Saudi Arabia memang memiliki Mekkah dan Madinah, tempat impian semua muslim. Tapi hanya untuk kunjungan, bukan tempat tinggal. Jika diberi rizki lebih dari Allah, dan bisa bolak balik ke Mekkah dan Madinah, tetap saja inginnya tinggal di Indonesia.

Lalu, apa yang kurang dari Indonesia? 

Anis Matta pun menjelaskan dalam pidatonya.

Karena dinegeri inilah mereka menemukan bagaimana orang-orang menggunakankan kebebasannya secara bertanggung jawab. Sebab mereka mempunyai cinta. Dinegeri inilah mereka akan menyaksikan bagaimana hukum ditegakkan dengan dengan adil. Sebab penegakkan hukum itu dilakukan dengan Cinta. Dan dulu Iwan Fals pernah bilang, “Kalau Cinta sudah dibuang, jangan harap Keadilan akan datang.

CINTA.  Negeri Indonesia yang luar biasa itu butuh ‘Cinta’. Rasa cinta dari pemimpin, yang pada akhirnya akan membuahkan keadilan yang tegak, kerja-kerja yang ikhlas, sehingga menyatukan keberagaman suku di Indonesia ini menjadi sebuah harmoni.

 Karena inilah nilai-nilai inti masyarakat Indonesia. Dan bila kita ingin hidup dan kembali, maka insyaallah kita akan mampu merubah Indonesia yang  carut marut ini menjadi sepenggal firdaus dimuka bumi.

Ah.. indah sekali bukan mimpi ini?

Dengan seluruh kekayaan alam yang ada, keberagaman yang ada, alangkah indahnya jika semuanya bisa terkelola dengan baik.

Siapapun kita, dimanapun kita sekarang, pastilah semua menanti Indonesia yang jauh lebih baik.

2 Tanggapan to “Sepenggal Firdaus; Indonesia.”

  1. Cahaya senja Mei 3, 2015 pada 3:55 am #

    Reblogged this on Cahaya Senja.

  2. Citra Widya Hapsari Maret 18, 2016 pada 3:15 am #

    Karena inilah nilai-nilai inti masyarakat Indonesia. Dan bila kita ingin hidup dan kembali, maka insyaallah kita akan mampu merubah Indonesia yang carut marut ini menjadi sepenggal firdaus dimuka bumi.

    hmm… deep…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: