Dampak Negatif Dosa dan Maksiat

20 Apr

Malam itu kami selesai mendengarkan Taujih dari Ust. Mardani Ali Sera, jubir PKS yang khusus kami undang, mumpung beliau sedang menjadi pembimbing umroh.

Dengan nampan yang agak besar, kami melahap ayam bakar dan nasi kabsah yang super enak bersama-sama. Satu nampan untuk ber enam. Budaya amal-jama’i di Saudi yang satu ini memang asyik. Apalagi kalau sambil ngerumpi. hehe

Tapi insya Allah selama saya bersama ibu-ibu sholehah ini, ngerumpi santai pun padat berisi. Ghibah atau nggosip tidak ada sama sekali dalam kamus kami. Bisa dicek, atau disadap (niat banget:mrgreen: ).

Malam itu kami ngobrol, mulai dari berat badan (ups hihi),anak, sampai ke soal ibadah.

“Tahu nggak, kalo selama ini kita tuh ngga sadar, kalo maksiat itu berdampak langsung ke diri kita.” Seorang al-ukh memunculkan pembicaraan yang menarik.

“Contohnya apa mb?”

“Rasa berat dalam menjalankan ibadah!”

Deg. Iya juga ya. Saya jadi mengingat-ingat, kadang tanpa sadar kita tunduk pada kemalasan diri, tiba-tiba susah sekali menyelesaikan 1 juz per hari, sholat fardhu menunda-nunda, malas bangun tahajud, dll.

“Iya, kalo kita sadar sih ngga papa. Bisa segera bangkit. Bahayanya kalo kita ngga sadar juga.”

fiuh.. astaghfirullah.,

Ilmu yang nge-jleb banget nih. Bisa untuk reminder dan dingat-ingat setiap kita futur.

Inilah kenapa saya lebih senang berkumpul dengan orang-orang yang tidak pernah lelah untuk selalu belajar dan juga saling mengingatkan dalam kebaikan.

Yang ngerumpinya adalah hikmah, nasehat, ilmu, dan hal-hal penting lainnya.

Alhamdulillah. uhibukum fillah ya Ibu-ibu sholihah..🙂

Satu Tanggapan to “Dampak Negatif Dosa dan Maksiat”

  1. Gusti 'ajo' Ramli April 20, 2014 pada 9:04 am #

    Dampaknya cukup berbahaya ya bu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: