Anak Mirip Siapa?

24 Nov

Pertanyaan yang tak jarang muncul ketika melihat dua buah hati kami. Walaupun -tak jarang juga- bukan pertanyaan yang muncul melainkan pernyataan. 

“Waaah… Bapaknya banget ya..” dan itu semacam otomatis saat melihat keduanya. 

Nampaknya saya senasib dengan Ibu-Ibu yang baper kalo belum ada yang menyebut anaknya mirip dirinya. Palingan nanti cuma keluar kalimat menghibur diri “Tapi ini telinganya mirip saya loh. Lihat…”😀

Ya begitulah.. Seni dalam memiliki buah hati. 

Jadi ingat saya pernah menulis di sini menjelang kelahiran Haniya. Rasa penasaran saya pada wajah sulung kami. 

Dan taraaa.… No wonder, no need DNA test, emang asli sodara sodara.. Haniya semacam copy paste Bapaknya. Hahahaha… *pasrah

Mewakili banget ya.. 

Nah, yang edisi ke dua ini yang -walau banyak yang bilang mirip abis sama bapaknya- tapi banyak moment yang membuat saya merasa dia mirip saya kok. Hehe

Bukankah banyak yang bilang “Kalau jodoh itu mirip ya biasanya…” 

Nah itulah yang membuat pada akhirnya soalan ‘anak mirip siapa’ ini menjadi debat able.  Karena  katanya jodoh mirip kok, ya anaknya jadi mirip di keduanya toh..😀

Tapi ada satu hal yang saya juga sedikit percaya, karena banyak buktinya. Anak pertama biasanya mirip Bapaknya, anak kedua mirip Ibunya, anak seterusnya random, acak. Ini menurut pengamatan saya lho yaaa… Ini juga debat able sih. Ngga harus percaya, karena ngga ilmiah. :D 

Dan ini semacam seni, atas sebuah kepasrahan manusia pada penciptaNya. 

Membentuk rupa manusia adalah kuasa Allah. Belum ada teknologi apapun yang membuat manusia sanggup menentukan seperti apa wajah keturunannya. 

“Allahlah yang menjadikan bumi untukmu sebagai tempat menetap dan langit sebagai atap dan membentukmu lalu memperindah rupamu serta memberimu rezeki dari yang baik-baik. Demikianlah Allah, Tuhanmu, Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.”

(QS. Ghafir: Ayat 64)

Masya Allah ya. Sampe hal sedetail ini Allah tulis di kitabNya. 

Jadi memiliki anak dengan rupa bagaimanapun, tetaplah mereka ini amanah yang dititipkan pada kita. 

Bukan kuasa kita untuk menentukan rupa fisik nya. Tapi adalah kewajiban kita, menentukan rupa akhlaknya. 

Berikhtiar terbaik, dan berdoa terbaik lalu tawakal.. 

Semoga Allah mampukan kita mendidik anak-anak kita. Aamiin.. 

2 Tanggapan to “Anak Mirip Siapa?”

  1. ndu.t.yke November 24, 2016 pada 12:56 pm #

    Aku dr jaman masih SMA kayaknya…. puengen bgt punya anak yg wajahnya mirip kayak aku waktu masi kecil dulu. Krn menurutku, wajahku dulu lucu banget, hehehehe. Narsis. Tp alhamdulillah kesampean. Anakku laki, btw.

    • Sonia Atika November 25, 2016 pada 6:31 am #

      Waa masya Allah tabarakallah. Rasanya luar biasa pasti ya mb lihat ada yg mirip kita versi imut ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: