Tag Archives: jeddah

Dampak Negatif Dosa dan Maksiat

20 Apr

Malam itu kami selesai mendengarkan Taujih dari Ust. Mardani Ali Sera, jubir PKS yang khusus kami undang, mumpung beliau sedang menjadi pembimbing umroh.

Dengan nampan yang agak besar, kami melahap ayam bakar dan nasi kabsah yang super enak bersama-sama. Satu nampan untuk ber enam. Budaya amal-jama’i di Saudi yang satu ini memang asyik. Apalagi kalau sambil ngerumpi. hehe

Tapi insya Allah selama saya bersama ibu-ibu sholehah ini, ngerumpi santai pun padat berisi. Ghibah atau nggosip tidak ada sama sekali dalam kamus kami. Bisa dicek, atau disadap (niat banget :mrgreen: ).

Malam itu kami ngobrol, mulai dari berat badan (ups hihi),anak, sampai ke soal ibadah.

“Tahu nggak, kalo selama ini kita tuh ngga sadar, kalo maksiat itu berdampak langsung ke diri kita.” Seorang al-ukh memunculkan pembicaraan yang menarik. Baca lebih lanjut

Iklan

Salah Satu Keunikan Saudi Arabia

31 Mei

Ada yang unik yang saya temui sewaktu belanja beberapa hari yang lalu di Hyper Panda Mall. Apa itu?

Ini dia..

Apa ini? hehe

Apa ini? hehe

Anda perhatikan itu gambar apa?

Itu adalah gambar bungkus kolam renang balon. Lalu apa yang menarik? Tentu saja, hitam-hitam dalam gambar tersebut.

Anda yang cerdas pasti langsung bisa menebak apa yang sebenarnya berusaha ditutupi oleh spidol hitam tersebut. Hehehe :mrgreen:

Betul, sebenarnya ada gambar ‘Ibu’ yang sedang menikmati kolam renang bersama anak-anaknya dan Suaminya.

Begitulah budaya di sini. Setiap ada gambar ; poster, kemasan produk, baliho, wallpaper dsb yang menampakkan wanita pasti disensor.

Jika sudah mengenakan jilbab, wajah biasanya dikotak-kotak.

Baca lebih lanjut

Langit Biru dan Laut Merah..

22 Apr

Pemandangan laut merah begitu menarik pagi itu.

Kami yang awalnya hanya ingin refreshing melihat-lihat sepanjang Red Sea dan tidak berniat turun dari kendaraan untuk mampir jalan-jalan menjadi berubah pikiran. Langit yang begitu biru, dan air laut yang jernih ditambah beberapa bangku untuk bersantai yang nampak kosong, sepi dan udara masih sejuk. Tunggu apa lagi? 🙂

Meski saat itu Jumat pagi, hari libur di Saudi, tapi jalanan sangat sepi. Karena budaya mereka lebih senang untuk berekreasi di malam hari. Jadi pastilah tempat ini sangat ramai Kamis malam kemarin, lalu memilih istirahat di rumah pagi hingga sore hari.

Jika malam hari, warga lokal Saudi banyak yang menggelar karpet dan berkumpul dengan keluarga di tepi-tepi pantai. Membakar ikan, jagung, ngopi, ngeteh, bahkan ada yang membawa tenda kecil.

Karena tidak ada pedagang kaki lima atau penjual makanan, akhirnya mereka membawa semua bekal dari rumah. Saya pikir malah lebih menyenangkan seperti itu. Ada juga yang memancing ikan. Benar-benar acara keluarga pokoknya.

Pagi itu juga saya lihat banyak yang sedang memancing ikan. Juga beberapa keluarga Saudi sedang bersantai.

Anak-anak seadng asyik bermain skuter. Nampaknya mereka dari Filipina atau Indonesia

Baca lebih lanjut

Kuliner Jeddah : Kapsah atau Nasi Bukhori

14 Jan
Kapsah

Kapsah atau Nasi Bukhori
Sumber : kamera pribadi

Orang Indonesia mungkin mengenalnya dengan nasi Kebuli. Tapi saya sendiri kurang tahu sama atau tidak dengan nasi kebuli yang dimaksud orang Indonesia, karena saya belum pernah makan nasi kebuli.

Pertama saya makan nasi ini, unik. Kombinasinya Nasi kuning (dengan ukuran beras yang besar dan bumbu yang berbeda), lalu setengah potong ayam goreng utuh, lalapan daun segar dan bawang merah! Aneh nggak sih bawang merah dimakan mentah-mentah?

Walaupun memang bawang merah disini sebesar bawang bombay, dan ternyata rasanya manis. Baru tau saya rasanya bawang merah :mrgreen: .

Ada satu lagi tambahan komposisi, Baca lebih lanjut

Gambar

Welcoming Winter..!

4 Des

Welcoming Winter..!

Alhamdulillah.. bahkan musim dingin kali ini sudah beberapa kali hujan. Sejuk, bau pasir basah, dan.. waktunya jalan-jalan ke pantai… Yipiiiii…!!

Ber-Hari Raya di Negeri Orang

26 Okt

Bagaimana rasanya Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha di negeri orang? Mungkin banyak yang penasaran.

Kalau saya yang sedang berada di negeri orang seperti sekarang, justru balik bertanya. “Menurut anda, bagaimana rasanya Hari Raya hanya berdiam diri di rumah, tanpa ada suasana ‘berduyun-duyun’ ke lapangan untuk sholat, bersilaturahmi dengan teman, keluarga dan tetangga ketika Idul Fitri.”

“Idul Adha, tanpa ada kiriman daging Qurban ke rumah lalu dimasak bersama keluarga, tanpa ada kerja bakti di masjid mengolah hewan qurban dengan jamaah yang lain..”

Hanya di rumah saja.

Mungkin Baca lebih lanjut

Tugu yang Unik

28 Jul

Ada satu hal yang unik di Jeddah ini. Mungkin karena disini negara dengan hukum Islam, jadi tidak jaman yang namanya tugu-tugu peringatan. Itulah mengapa tugu (atau hiasan kota ya?) di sembarang tempat di sudut-sudut kota Jeddah memiliki bentuk-bentuk yang lebih bebas, unik, kadang abstrak, menarik, bahkan ada yang aneh. Salah satunya ini.

Lokasi : Jeddah
diambil dengan kamera saku 12 MP

Baca lebih lanjut

%d blogger menyukai ini: